04. Hal-hal random yang terjadi hari ini!

Hari ini banyak hal-hal bahagia (sekaligus berkat) dan juga hal-hal random yang terjadi! Gue gak bakal lega kalo ga ditulis di blog, hehehe.

Sebagai pembuka mungkin gue perlu ceritain latar belakang status sosial ekonomi gue. Mengapa gue ada di Korea? Sebenernya, gue di Seoul kuliah di jurusan tukang bikin taman. Celakanya lagi, gue kuliah di kampus yang bahasa pengantarnya bahasa korea, dan gue sejujurnya ga paham sama sekali, kecuali saranghaeyo kyuhyun-oppa/jongdae-ya, kisseu juseyo, bogoshipoyo. Yak, emang gue kuliah di sini sebenernya mission impossible sih, tapi yah namanya kuliah dibayarin, makanya gue embat aja.

Sebenernya, semester ini gue ada pelajaran bahasa Korea, setiap hari Senin-Jumat. Tapiiii, kan selain pelajaran bahasa korea, gue tetep kudu ambil kuliah dong–secara gue kudu selesai dalam 2 tahun (kecuali kalian semua mau ngumpulin duit buat bayar duit SPP semester 5 dan 6 gue ntar). Nah, permasalahannya adalah, gimana gue mau ngerti kuliah di semester ini kalo gue sendiri masih sambil belajar bahasa korea?

Profesor advisor gue yang (thank God) fluent in English dan gantengnya naujubile, sangat khawatir dengan kemampuan gue untuk mencerna pelajaran dalam bahasa Korea. Dia merekomendasikan untuk ngambil kelasnya dia aja (secara dia sendiri yang ngajar, jadi bisa lah dia nyiapin materi pake english), dan menyarankan gue untuk sesedikit mungkin ngambil kelas yang bahasa pengantarnya bahasa Korea.

Tadi pagi, advisor gue yang ganteng dan rupawan itu ngirim e-mail ke gue, kalo ternyata di departemen (fakultas) sebelah ada kelas dgn pengantar Bahasa Inggris yang dibuka! WOWOWOWOW gue girang banget! Tapi gue harus ngadep sendiri ke dosen tersebut dan memastikan gue boleh ikut ato gak. Advisor gue cuma ngasih tau nama, departemen, dan nomor telpon kantor dosen tetangga itu (yang ternyata salah sambung). Alhasil, sesiangan gue bener-bener bolak balik turun dari asrama –> student hall (nyari telpon umum untuk telpon profesor, dan ternyata salah sambung) –> balik lagi ke asrama (cari info lokasi gedung departemen tetangga) –> gedung departemen 1 (salah gedung, tanya jalan ke mahasiswa korean dgn bahasa inggris mereka yg terbatas) –> gedung departemen 2 (nyari2 ruangan beliau, dan beliau ga di tempat). Oh, FYI, asrama gue posisinya ada di pojooook belakang kampus, di atas bukit! Jadi ke gedung kuliah manapun itu namanya harus turun bukit, dan kembali ke asrama itu pun kudu naik bukit. (I’ll update with the photos later). No need for treadmill here, perjalanan pulang ke dorm itu aja udah berasa treadmill.

Setelah gue semacam menyerah karena gak berhasil ketemu sama profesor tetangga, gue sebenernya ogah balik lagi ke dorm karena 1. jauh. 2. jalannya nanjak. 3. biasanya kalo udah masuk dorm udah mager, ogah keluar lagi. Jadi gue memutuskan untuk berkunjung ke bank yang lokasinya ga jauh-jauh amat dari gedung departemen 2 untuk membuka rekening baru (sebenernya ini sebagai salah satu syarat supaya gue dapet kiriman duit beasiswa sih).

Gue dateng ke bank sekitar jam 15.30, dapet nomer antrian 260–sedangkan nomor yang lagi dilayani di teller adalah nomer 230an. Darn! Salah banget gue dateng ke bank sore-sore, pas udah mulai masuk kuliah pula! Nunggu 30 orang itu lumayan banget kan, tapi berhubung gue super duper males untuk mendaki bukit kembali ke dorm, gue memutuskan untuk ngantri aja nungguin 30 orang. Setelah nungguin dengan muka super-duper ngantuk (gue sempet beberapa detik ngilang gitu, ketiduran teklak-tekluk), akhirnya nomer gue dipanggil juga sekitar jam 16.00. Teller yang menghadapi gue pertama kali adalah bapak-bapak. Begitu gue ngomong maksud gue untuk membuka rekening baru (dalam bahasa inggris, tentunya); beliau langsung mengoper gue ke satu teller yang lagi ngurusin tumpukan buku rekening punya mahasiswa-mahasiswa baru.

Teller yang bertugas melayani gue ini masih mudaย dan ganteng. Sebenernya, proses pembuatan buku tabungan gue itu cepet, tapi entah kenapa di tangan mas-mas ini kok jadi super duper lambrettaaaaa. Sebenernya sih gue bahagia-bahagia aja, jadi gue bisa liatin dia rada lama (eh). Sebenernya gue juga jadi bosen sih nungguin doski ngetik-ngetikin data gue ke komputer, jadi iseng2 lah ya gue nanya: ‘bisa gak gue buka tabungan tapi gue gak setor duit dulu?’ well, ekspresi si teller ini bingung banget sama pertanyaan gue, hingga akhirnya gue kudu ngulang pertanyaan gue dengan pelan dan pake vocab yang sederhana. Doski ngerti kok (alhamdulilah), but…..HERE COMES TROUBLE! Doski gak bisa bahasa inggris. Setengah mati banget ngejelasin ke gue kalo buka tabungan di sini gak perlu pake setoran awal. (well, kebetulan gue ga bawa duit juga waktu itu–dan alhasil buku tabungan gue sekarang isinya KRW 0. memalukan, hahahaha)

Bukan maksud ngisengin mas-mas teller ini, tapi sejujurnya gue bosen banget nungguin dia ngerjain aplikasi pengajuan buku tabungan gue. Well, seganteng-gantengnya mas ini, tetep aja terselip rasa bosen. Alhasil gue nanya lagi, “bank ini kerjasama sama Western Uni*n ato M*neyGram gak? gue mau ngirim duit ke Indonesia nih”–dan pertanyaan gue dibalas dengan tatapan mata bingung. Sejujurnya, si teller ini juga merasa malu sih, dia susah banget untuk jawab pertanyaan gue. He always did this when he found difficulty to explain to me:

ashamed

Mungkin dia malu kali ya, kayaknya susah banget ngejelasin ke gue. Well, sejujurnya gue sih gak masalah, karena intinya buku tabungan gue selesai, dan pertanyaan gue terjawab. Kemudian waktu gue mau pulang, gue baru nyadar, ternyata gue adalah customer terakhir yang tersisa di bank. Hahaha, berarti ketauan banget ya kalo mas-mas teller ini ternyata kerjaannya lama banget ngelayanin gue. Sebagai permintaan maaf, dia ngasih hadiah ke gue berupa satu set sikat gigi dan odol! (Jangan tanya gue kenapa, orang2 di sini hobi banget ngasih hadiah odol) Hahaha ๐Ÿ˜€ Makasih ya mas, aku gak marah kok sama kamu, tenang sajaaa <3333

satu set odol dan sikat gigi dari mas-mas teller :D makasih ya mas.. jangan kapok menghadapi saya ^^
satu set odol dan sikat gigi dari mas-mas teller ๐Ÿ˜€ makasih ya mas.. jangan kapok menghadapi saya ^^

Keluar dari bank dengan hati yang gembira karena dapet odol dan sikat gigi, gue memutuskan untuk pergi ke departemen sebelah sambil harap-harap cemas semoga bisa ketemu professor yg ngajar english class. Keluar dari gedung bank, gue berjalan di belakang bapak-bapak bule. Well, intuisi gue bilang kalo kayaknya bapak ini itu calon professor gue deh, mukanya mirip sama yang di internet. Alhasil gue ikutin, dan ternyata bener, dia masuk ke kantor departemen urban planning. Well, ternyata intuisi gue bener: beliau adalah profesor yang ngajar kuliah pake bahasa inggris itu, wowowowow.

Akhirnya gue bisa ngobrol dengan beliau dan minta ijin apakah gue boleh ikut kelas beliau, dan beliau bilang oke! WOWOWOW. Gue seneng banget, dan beliau mukanya ramah banget, whoaaa. AKHIRNYA GUE IKUT 1 KELAS YANG ENGLISH BASED. HURRAH!! “I will see you in this wednesday class,” he said. LALALALAYEYEYEYE~Akhirnya gue bisa bener2 belajar di kelas instead of cengo ngeliatin dosen. Suddenly rasanya seluruh dunia gue yang tadinya kelabu sekarang jadi terasa indah!

Pulang dari ketemu profesor ini, gw bener-bener nyengir bahagia sepanjang jalan. Mendaki bukit untuk masuk dorm pun gw jalanin sambil senyum-senyum sendiri. Well, today is a good day, indeed. Thank God for that ๐Ÿ™‚

Untuk merayakan kebahagiaan gue hari ini, gue memutuskan untuk memilih makanan yang sedikit mahal dan berdaging di kafetaria asrama, yaitu donkatsu (KRW 4000–yaowo penting banget ya sampe gue bisa apal). Abis itu gue memutuskan untuk sedikit berhedon untuk belajar korea sambil whatsapp-an nebeng wifi di coffee shop depan kampus “angel-in-us coffee”.

brand ambassadornya coffee shop ini tuh Kim SooHyun, mukanya ada dimana-mana
brand ambassador-nya coffee shop ini tuh Kim SooHyun, mukanya ada dimana-mana
interior coffee shopnya :)
interior coffee shopnya ๐Ÿ™‚
Interior smoking area-nya, maaf ya ada gigantic chair as the foreground :(
Interior smoking area-nya, maaf ya ada gigantic chair as the foreground ๐Ÿ˜ฆ

Intinya, banyak hal random terjadi hari ini, tapi intinya good things happened today and I want to share that too ๐Ÿ™‚

04. Hal-hal random yang terjadi hari ini!

Leave a comment