00 – 1.5 bulan lagi

1.5 bulan lagi berangkat ke Seoul buat sekolah. “Kabur” dari masalah-masalah di Bogor, untuk nyari “masalah” baru di Seoul. Yah, kalo bikin skripsi aja dulu dimulai dengan ‘Latar Belakang Masalah’ dan berbab-bab yang membahas tentang masalah itu, sampe akhirnya terjawab di kesimpulan dan saran. Memang yang namanya sekolah, apalagi S2 itu kerjaannya buat nyari ‘masalah’, hehehe.

Tinggal kurang lebih 90 hari lagi, masih banyak banget hal-hal yang gak siap dan bikin pusing, contohnya:

  1. ketidakmampuan saya berbahasa korea
  2. belum pastinya pengumuman dormitory, tanggal check-in, dan sponsorship letter.
  3. hal-hal remeh-temeh tentang bagaimana bertahan hidup di sana
  4. banyak ilmu tentang landscape architecture dan urban design yang harus dikejar, karena selama S1 sama sekali ga menyentuh bidang itu
  5. gimana cara ‘mundur-dengan-penuh-kejayaan’ (dalam versi saya) dari kantor sekarang.
  6. gimana caranya dapetin duit segitu banyak buat persiapan dan barang-barang yang saya butuhkan buat ke sana.

Well, I already messed up my priority scale, anyway. Liat aja urutan problem di atas, yang paling penting nomer 4, tapi entah kenapa malah kepikiran terakhir. Hahahaha.

Di tengah keruwetan ini, banyak hal-hal menarik yang saya temukan, dan belum tentu bisa terjadi kalo saya gak berangkat, misalnya:

  1. banyaaaaaaak banget kenalan sama orang baru. Menyenangkan! Setelah lebih dari setahun keluar dari kampus, saya jarang banget kenalan dengan orang baru. Dulu, kehidupan sosial cuma berputar di kantor, grup whatsapp, dan gereja. Sekarang jadi lebih berwarna.
  2. pengalaman pertama bikin paspor, dan nantinya ngurus visa. Maklumlah, kalo gak kayak gini, mana pernah ngerasain ke luar negeri.
  3. belajar untuk tetap setia sama prinsip hidup dan sekaligus tetap fleksibel dengan kondisi lingkungan.

Secara umum, sejauh ini saya masih tetap antusias dengan keberangkatan Februari. Senin besok, jadwal saya akan mulai padat karena proyek di kantor mulai mendekati deadline dan les bahasa korea juga akan mulai. Moga-moga daya tahan tubuh tetep kuat dan gak sakit. Dan terakhir, ini ada satu video klip yang barusan saya tonton dan sukses bikin saya tambah semangat karena liat indahnya ruang publik di Seoul. Semangat! Hwaiting!

00 – 1.5 bulan lagi

Leave a comment